Tentang Software Xara

Xara, Software Design


Seorang desainer grafis membutuhkan  alat bantu dalam melakukan pekerjaannya. aktifitas menggambar, merancang sketsa, merancang konsep visual, hingga melayout naskah (koran, majalah,  dan buku) nyaris mustahil dilakukan tanpa alat bantu. Mendesain kini tidak cukup dengan bantuan pinsil, kertas/kanvas, penggaris, drawing pen, atau menggunakan mesin gambar.  Dibutuhkan alat lebih canggih yang mampu menghitung, merekyasa, mensimulasi gambar dan mampu bekerjasama dengan alat cetak, gadget dan alat elekronik lainnya. Nah, kemampuan ini hanya bisa dilakukan oleh Komputer. Pertanyaannya, apakah cukup dengan komputer saja?

Tentu, dengan komputer saja belum cukup untuk melakukan aktifitas desain. Agar dapat digunakan mendesain komputer harus dilengkapi dengan Perangkat lunak pengolah grafis. Atau sering disebut program aplikasi grafis. Berdasarkan jenisnya, program aplikasi grafis dapat dibedakan menjadi dua. Yaitu program aplikasi grafis berbasis vektor dan program aplikasi grafis berbasis bitmap. Lebih mudah membedakannya, bila kita akan merekayasa photo, maka jenis aplikasi grafis bitmap yang dipakai. Sedangkan untuk mendesain logo, gambar, ilustrasi dan sketsa menggunakan aplikasi grafis berbasis vektor. Masih ingat tulisan saya pada pembahasan yang lalu soal desain grafis? untuk mengetahui pengertian vektor dan bitmap silahkan klik http://kreatindo.blogspot.com/2015/07/mengenal-desain-grafis.html

Saat ini ada banyak program aplikasi grafis vektor yang beredar. Seperti Corel Draw, Macromedia Freehand, Adobe Ilustrator, Micrografx Designer, dan Xara Designer Pro X.  Sebagian dari aplikasi  tersebut sangat mudah kita jumpai buku, pembahasan bahkan tutorialnya. Sementara Xara Designer Pro X sangat sulit kita temui. Nah, bagi pengguna dan yang fanatik dengan program aplikasi grafis Xara Designer Pro X sebaiknya simak tulisan ini.


Xara Designer Pro X merupakan salah satu perangkat lunak desain grafis vektor dari sekian banyak perangkat lunak desain grafis vektor yang beredar. Program ini merupakan generasi lanjutan dari program sebelumnya, Xara Extreme Pro. Xara Designer Pro saat ini diproduksi oleh perusahaan MAGIX AG.

Berdasarkan Informasi dari situsnya www.xara.com, Xara merupakan salah satu pengembang perangkat lunak yang tertua di Inggris. Xara telah mengembangkan perangkat lunak sejak tahun 1981.
Dari Wordwise, diawali dengan pengolah kata mikro komputer, hingga Xara Designer, tercepat di dunia, dan banyak yang percaya sebagai gambar dan perangkat lunak ilustrasi terbaik di dunia. Xara telah mengembangkan berbagai macam produk yang meliputi seluruh dunia perangkat lunak penerbitan. Xara telah mempelopori banyak teknologi diambil untuk diberikan saat ini. Dari mengembangkan pertama di dunia pemeriksa ejaan (spell checker) yang dikenal dengan istilah “check-as-you-type”, untuk penghargaan penghargaan software desktop publishing, hingga ke perangkat lunak gambar pertama yang menyediakan real-time anti-aliasing dan kontrol transparansi, Xara terus berinovasi dan mengembangkan solusi teknis terkemuka.

Xara telah terlibat di Internet dari awal. Xara Networks, anak perusahaan dari Grup Xara, adalah pelopor penyedia jasa layanan internet pada pertengahan tahun 1990 (kemudian dijual, tidak lagi menjadi bagian dari Xara Group). Pengembangan awal lainnya adalah Xara online, yang menyediakan layanan web (Web Service) berbasis web grafis dan add-ons efek foto secara online. Sekarang Xara melakukan sebagian besar bisnisnya melalui internet dan memiliki jutaan pelanggan online, di seluruh dunia.
Perangkat lunak ilustrasi Windows pertama Xara adalah Xara Studio, ini dilisensikan untuk Corel dan didistribusikan selama bertahun-tahun sebagai CorelXARA. Sekarang kembali di bawah kendali Xara. Produk ini telah ditingkatkan dan diluncurkan kembali dan sekarang dijual dalam dua versi, Xara Photo & Graphic Designer dan Xara Designer Pro, dan juga membentuk basis untuk Xara Web Designer.

Xara bermarkas di rumah bersejarah, Gaddesden Place, di Inggris, sebelah Utara London. Di tempat ini dapat ditemukan rincian dari banyak produk yang dikembangkan sejak tahun 1981.
Pada bulan Januari 2007 Xara diakuisisi oleh MAGIX AG, dan sekarang beroperasi sebagai anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya. MAGIX adalah penyedia internasional terkemuka perangkat lunak berkualitas tinggi, layanan online dan digitalconten untuk komunikasi multimedia. Sejak tahun 1993, MAGIX telah mengembangkan teknologi terkemuka untuk pembuatan, editing, manajemen dan penyajian foto dan grafis, video dan musik. Secara internasional, MAGIX beroperasi dari cabang-cabang di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol dan Belanda.

Berbagai produk ditargetkan terhadap orang awam dan para profesional dan melampaui jangkauan PC untuk menyertakan aplikasi online dan mobile terintegrasi.
Menurut angka penjualan ritel, MAGIX memimpin di sektor software multimedia di pasar Eropa yang paling penting, dan merupakan salah satu pesaing yang paling sukses di Amerika Serikat. Lima belas tahun keberadaan pasar serta seribu penghargaan di seluruh dunia bersaksi untuk daya perusahaan inovasi.

Xara Designer Pro X adalah solusi tercepat dan paling lengkap di dunia untuk desain grafis dan web profesional. Program pemenang penghargaan multi-award ini dirancang khusus dengan kebutuhan pengguna rofesional dalam pikiran dan mulus menggabungkan semua fitur kinerja tinggi yang diperlukan untuk desain canggih. Kontrol intuitif memastikan hasil yang optimal dalam waktu singkat.
Xara Designer Pro X menggabungkan memiliki fitur sebagai berikut :
1.       Desain grafis ilustrasi
2.       Layout halaman
3.       Desain web
4.       Editing gambar
5.       Desain 3D animasi
6.       Presentasi & Web
7.       Mengedit teks


Sumber : kreatindo

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan baik dan sopan ^_^

Panduan Daftar Beasiswa YTB, Turki

Konten Ini Bersumber dari Kuliah di Turki . Untuk lebih jelasnya bisa kunjungi langsung situs tersebut. Saya persembahkan tulisan ini ...