Tips Mendapatkan Beasiswa YTB Turki




Sebelumnya saya mendapatkan konten ini dari situs Kuliah di Turki,
So, untuk lebih jelasnya bisa langsung kunjungi Situs diatas


Pembaca yang bertanya pada saya sebenarnya masih kelas 1 atau 2 sma, dan dia ingin bertanya apa yang bisa dipersiapkan dari sekarang dan tips nya.

jadi, apa yang perlu dipersiapkan?

  • BAHASA INGGRIS. iya, itu sudah 60% persiapan hehe. karena nanti ketika mengisi formulir pendaftaran juga pakai bahasa inggris. ketika wawancara juga bahasa inggris. ketika berkonsultasi ke pihak ytb untuk visa dll juga pakai bahasa inggris. dan lain lain juga pakai bahasa inggris.
  • perlu TOEFL? iya, perlu. dan bukan toefl ecek ecek. lebih baik dari lembaga yang mengeluarkan sertifikat toefl yang diterima internasional. makan biaya? yah seperti itulah, demi mendapatkan sesuatu yang besar, pengorbanan pasti ada. lagian jika anda ingin kuliah di luar negeri, negeri apapun itu-asal dengan beasiswa, pasti membutuhkan sertifikat toefl.
mau contoh lain yang makan biaya? contohnya biaya anda pergi ke jakarta untuk wawancara, terutama jika anda tinggal di daerah yang jauh dari jakarta. pihak ytb juga meminta transkrip nilai raport ijazah atau skhu dll diterjemahkan ke dalam bahasa inggris, tentu saja dengan menyewa jasa penerjemah tersumpah. habis berapa biayanya? wah saya ngga tau. bikin paspor nanti juga makan biaya.

oke..kembali lagi ke topik bahasa inggris. contoh lain yang membuktikan pentingnya bahasa inggris adalah anda diminta menuliskan letter of intence dalam bahasa inggris. letter of intence – loi – adalah tulisan yang menyatakan keseriusan anda untuk mendaftar. secara gampangnya sih gitu.
untuk mendaftar ytb, tulisan loi ini lebih dispesifik lagi. loi dibagi 3 bagian. setiap bagian hanya dibatasi dengan 250 karakter. salah satu pembaca blog meminta saya menilai tulisannya. karena saya emang lagi kosong, ya saya koreksi tulisannya. —saya kritik, bukan saya bikinin. jangan sampai ada pembaca yang minta saya bikinin—

berikut adalah tulisannya atas setiap bagian dari loi. ngomong ngomong dia mau daftar jurusan ilahiyat, makanya loi nya seperti itu. sesuaikan saja dengan jurusan.

1.  Please explain your expectations from the higher education in Turkey and your plans for after graduation. 

Turkey as a source of Islamic history and science, it was so convincing and beneficial to study there. After I graduated from turkey I want to be a good islamic minder of Indonesia. And I have a strong commitment to realize the concept of education.

2. Please indicate why you have chosen Turkey for higher education.

Turkey is an ideal place for muslims with no descrimination. And turkey be a part of the islamic growth history. Majority of Indonesian are moslem, but little of them understood about islam mindset fully,so. We have to learn a lot from Turkish moslem

3. Please indicate why you have chosen these particular departments and your knowledge about these departments.

Basically I was graduated from Islamic Senior high school, and I want to study Theology, there i will study about the Qur’an, tafsir, fiqh, hadith, Tarih Islam, sirah Nabawi. I do care and loves the Qur’an and hadith, these are interpreting islam.

apa yang bisa dikritik dari situ? BANYAK. misalnya banyak kata berulang. turkey terus, mungkin bisa diganti negeri dua benua atau apa gitu. trus juga banyak pemenggalan kalimat, maksud nya penggunaan kata penghubung kurang. 250 karakter, paling cuma 2 kalimat dengan perbendaharaan kata yang kuat dan mendukung satu sama lain. di tulisan itu juga saya tidak menemukan ‘pujian tersirat’ untuk turki. sebutkan kelebihan turki dengan satu dua kata. wah bakal panjang komentar saya, sudahlah cukup hehe.
kembali lagi ke topik pentingnya bahasa inggris. kalian nanti juga harus bisa menjelaskan kelebihan diri kalian kenapa kalian berhak mendapatkan beasiswa ini pas wawancara bhs inggris. atau menjelaskan loi kalian dengan bhs inggris.
oh ya saya lupa menyebutkan bahwa kalian juga harus punya sertifikat yang berkaitan dengan jurusan yang kalian pilih, untuk membuktikan seberapa dalam bakat dan minat kalian dalam jurusan itu. contoh, bagi yang ingin mendaftar jurusan ilahiyat, kalian menyertkan sertifikat menang lomba fahmil alquran tingkat provinsi.
dan kembali lagi ke bahasa inggris..lagi lagi bisa jadi kalian dites keilmuan kalian dalam bidang itu dalam bahasa inggris. kalau jurusan ekonomi, mungkin ditanya tentang keadaan ekonomi dunia–dijelaskan dengan bahasa inggris. atau buku buku apa saja yang sudah kalian baca, jelaskan dengan bahasa inggris. tentu saja buku buku yang berkaitan dengan jurusan kalian.
mm tadi saya menyebutkan 60% bahasa inggris. lalu apa sisa 40%? seberapa dalam ilmu kalian dalam jurusan yang anda pilih. anda sudah melakukan apa saja di bidang yang anda pilih. ini mencakup nilai raport, sertifikat dll
kenapa bahasa inggris lebih banyak persenannya? karena kalau kalian ahli dalam sesuatu tapi tidak bisa menjelaskan juga repot nanti.
UPDATE INFO SEPTEMBER 2017: kontak hp saya ganti. lebih aman lewat email atau instagram (@finan_ahsani) saja ya. kalau saya harus nambah tips kesini, saya mau bilang kalo dapetin beasiswa itu nggak gampang hehe. pasti ada pengorbanan dan kesulitan. apalagi YTB kadang merubah peraturan dan penilaian. untuk itu kalian harus improv sendiri. lakukan semua yang kalian bisa, percaya pada diri sendiri, usaha maksimal plus doa.
UPDATE INFO NOVEMBER 2017: untuk prosedur terbaru, emang sih nanti ketika wawancara ada penerjemah. jadi anggap aja ada 3 penguji orang turki, dan satu lagi penerjemah. bagaimanapun prosedur nanti, harus tetap terlihat berwawasan.
tips lain: harus isi SEMUA yang harus diisi di application form, dan upload SEMUA berkas yang perlu diupload.



Sumber : Kuliah di Turki

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan baik dan sopan ^_^

Panduan Daftar Beasiswa YTB, Turki

Konten Ini Bersumber dari Kuliah di Turki . Untuk lebih jelasnya bisa kunjungi langsung situs tersebut. Saya persembahkan tulisan ini ...